23 Maret 2009

sedikit tentang KEPEMIMPINAN


Tahukah anda tentang Kepemimpinan?
Saya yakin anda tahu tentang hal itu atau sedikit banyak minimal pernah anda pasti pernah mendengarnya. Ada begitu banyak pendapat/argumen tentang kepemimpinan yang bisa diibaratkan 1000 orang akan mengungkapkan 1000 definisi tentang kepemimpinan yang berbeda. Tapi saya yakin ada beberapa point yang sama tentang makna kepemimpinan itu sendiri dari 1000 orang ini.
Bagi seorang saya, Kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam “segala hal”. Maksudnya, bahwa kepemimpinan tidak hanya esensial dalam organisasi atau lembaga saja tapi juga sangat berguna dalam kehidupan bersama non lembaga serta kehidupan pribadi.

Banyak orang terlalu suka menyempitkan makna dari kepemimpinan itu dengan mengartikan pemimpin adalah orang yang memiliki superioritas dan selebritas. Orang yang Superioritas maksudnya bahwa orang itu memiliki kekuatan dan kekuasaan. Sedangkan Selebritas disini maksudnya setiap orang yang dijuluki pemimpin biasanya adalah orang yang terkenal dan memiliki karisma. Pendek kata seorang pemimpin haruslah orang yang super dan tenar. Is that true?

Bagi seorang saya, kepemimpinan bukanlah Cuma masalah ke”superioritasan” dan ke”selebritasan” belaka. Bahkan bagi seorang saya, Superioritas dan Selebritas bukanlah makna dari kepemimpinan. 2 hal tersebut hanyalah dampak dari kepemimpinan. Seseorang akan mendapatkan 2 hal tersebut andai dia melakukan tugas kepemimpinannya dengan baik. Lalu apa makna dari KEPEMIMPINAN itu sendiri?...
 
Seperti diutarakan diatas, ada begitu banyak definisi kepemimpinan yang bisa anda temukan. Bagi saya sangat sulit menuliskannya disini karena begitu banyaknya teori tentang Kepemimpinan. Tapi ada satu argumen yang bagus tentang Kepemimpinan dari John C Maxwell. Sengaja saya tuliskan disini supaya anda bisa memahami secara lebih komperehensif.

Pemimpin adalah Pengaruh

“Inilah definisi favorit saya tentang kepemimpinan, yakni, suatu deskripsi satu kata, singkat dan sederhana yang menempatkan kepemimpinan dalam jangkauan setiap orang. Kepemimpinan bukan jabatan, posisi atau bagan alir (flowchart). Kepemimpinan adalah suatu kehidupan yang mempengaruhi kehidupan lain.(dari buku 101 Kepemimpinan karya John C Maxwell)”

Bagi saya pribadi, definisi diatas sangat singkat tapi cukup menjawab apa yang kita cari tentang Kepemimpinan. Seperti diutarakan diatas Kepemimpinan bukanlah masalah jabatan atau kekuasaan tapi masalah pengaruh. Seberapapun hebat, kuat dan tenarnya anda. Sekuat apapun jabatan anda bahkan kalau anda Presiden sekalipun tapi kalau anda tidak punya pengaruh anda harus legowo kalau saya berpendapat bahwa anda bukan pemimpin. Saya secara pribadi tidak akan menyebut syekh puji yang terkenal dan berkuasa itu sebagai seorang pemimpin saya karena selain dari tingkah lakunya, beliau juga tidak memiliki pengaruh apapun pada saya. Tapi bagi para santri dan anak buahnya, beliau mungkin bisa menjadi pemimpin atas mereka karena pengaruhnya. Tapi kalau syeh Puji menjadi pemimpin mereka hanya karena uang dan kekuasaannya maka dia lebih tepat disebut pimpinan bukan Pemimpin.

Anda seorang pemimpin atau sekedar pimpinan? Mari kita lihat kasus dibawah ini

Seorang mahasiswa terpilih menjadi ketua organisasi dikampusnya. Dia menjalankan 1 periode kepengurusannya dengan baik. Kalau dia punya jiwa pemimpin, dia akan merasa puas bukan hanya karena dia duduk dikursi empuk organisasi. Tapi lebih karena dia bisa mempengaruhi banyak orang dengan pemikiran, perkataan dan perbuatannya. Tetapi kalau si Mahasiswa ini hanya seorang “pimpinan” maka dia hanya akan puas karena telah duduk dikursi empuk organisasi yang membuatnya menjadi orang nomer 1 diorganisasi tersebut yang pastinya akan punya kekuasaan dan ketenaran.

Jadi sekali lagi, bedanya pemimpin dan non pemimpin bukan pada jabatan dan skill individu pemimpin tapi pada bagaimana si pemimpin ini mampu membuat dirinya berpengaruh. Seorang non pemimpin hanya akan puas karena ego yang terpenuhi tapi seorang pemimpin sejati tidak akan berhenti mempengaruhi orang lain sekalipun dia tidak memiliki jabatan sama sekali. Pemimpin sejati pasti memiliki pengaruh sekalipun tidak memiliki kekuasaan dan ketenaran. Tetapi Pimpinan sejati tidak akan memiliki pengaruh sekalipun dia memiliki kekuasaan dan ketenaran.

Jadi sekali lagi, apakah anda Pemimpin Sejati ataukah Pimpinan Sejati?...(QQ/Maret 09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk kunjunganya. Silahkan jika ada komentar, teguran, sapaan dst dst. Kalau bisa saya tanggapi, pasti langsung saya tanggapi. God bless