01 Juli 2019

Obrolan Kamis malem...

Di suatu kamis,
Aku, Greg, Tya dan Tera makan bareng dan ngobrol2 agak serius.

Tera : "Keren ya, orang yang letak kebahagiaannya adalah dgn membahagiakan orang lain"
Qq : "iya keren sih, tapi dimana letak kebahagiaanya?"
Tya : "Maksud mas Q?"
Qq : "Ya itu, kalau dia bahagia karena bs ngebahagiain orang lain,  gimana dengan dirinya sendiri. Maksudnya, bagaimana jika ternyata dia harus menyakiti dirinya demi kebahagiaan orang lain. Bagaimana dia bisa tetep bahagia? menurutku sih kayak jadi paradox gitu. Ga logis."
T n T : hm........
Me : "Aku salut sih sama orang yg kaya gitu, tapi sekali lagi, yang namanya sakit ya tetep sakit kan? Aku cm penasaran aja, bagaimana cara si orang itu tetap bahagia meski dia sakit. Sikap mental apa yang bisa membuat dia tetap smiling meski lagi kekurangan, tetap tertawa meski lagi dilanda duka."
Greg : ............. (sibuk sama Mobile Legend)
T n T : "Bersyukur mas."
Me : Bersyukur?
Tera : Iya bersyukur, kondisi apapun asal bisa bersyukur pasti kita bisa bahagia
Tya : Iya mas, bersyukur meski sedang susah itu nikmat lho, walau berat. Karena dgn kita bersyukur kita pasti akan diingatkan lagi tetang begitu banyak hal yang kita beruntung memilikinya. Contohnya, Kita ga punya duit gara2 ngebantu kawan yang ada masalah, kita pasti akan stress kalau ga bersyukur. Tapi dengan bersyukur, kita bisa ingat bahwa sebenarnya banyak orang diluar sana kondisinya jauh lebih parah dari kita. Entah secara finansial, pekerjaan, relasi dll.
Qq : ...........hm....
Greg : ........ (tak peduli)
Tera : Bener kata mba Tya mas, dan ajaibnya, setelah kita beryukur, entah kenapa kita yang tadinya ga dapet jalan keluar, tiba2 kayak dapet jalan keluar gitu.
Qq : So, maksud kalian, orang yang kebahagiaannya terletak pada kebahagiaan orang lain akan memaintenance mentalnya dengan rasa syukur. Begitu ya?
T n T : YUP!!
Qq : Aku kok ga yakin ya, Honestly aku jg pernah kok mendapat masalah dan mencoba tetap bersyukur melewati semua itu. Tapi hati tetep ga nyaman tuh.
Tya : Mungkin mas Q ga benar2 bersyukur mas.
Qq : I'm sure kok Tya.
Tera : Maksud mba Tya mungkin gini mas, Bersyukur bukan sekedar mensyukuri nikmat yang ada mas. Maksudnya, bersyukur itu ya mensyukuri segala yang ada mas. Baik nikmat maupun yang ga nikmat. Apapun yang ada pada kita, ya itu disyukuri.
Tya : Iya mas, Menurutku, bersyukur itu jg harus disertai tanggungjawab dan tindakan nyata. Contohnya, kalau kita bersyukur udah masuk jadi CPNS, ya berarti harus menjadi CPNS yang baik. Kalau kita bersyukur krn tetep bisa makan walau ga punya duit, ya jangan cm sampai gitu doang, berarti kita jg harus bersyukur krn kita akan belajar berhemat serta belajar cari alternatif bisnis. Misal kita bersyukur krn blm punya pasangan, ya harus dilanjutin bersyukur jg karena nanti kita masih harus belajar banyak tentang hubungan dan tipe2 cowok/cewek ideal dll. Intinya harus ada follow up dari ucapan syukur kita mas. Itu baru namanya bersyukur. IMHO sih mas.d
Tera : Iya mas, setuju sm mba Tya. intinya sih mengucap syukur memang tidak akan menyelesaikan semua masalah kita mas. Tapi dengan bersyukur, kita bisa memiliki kekuatan untuk tetap tersenyum dan mengambil banyak hikmah dari masalah yang ada. Sehingga kita bisa menemukan solusi untuk semua masalah.
Qq : Wow ...  Kalian keren.
T n T : Iyaaaaa udah lama. :D
Greg : ...........
Qq : Jadi pengen bersyukur nih.
Tera : kenapa mas? ada masalah?
Qq : Hm... Engga papa. kan biar bahagia.
Tera : ..................
Tya : Sok Misterius, Yuks pulang

Dan akhirnya kami pulang, meninggalkan Greg yang minta ditinggal krn masih sibuk dengan MLnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk kunjunganya. Silahkan jika ada komentar, teguran, sapaan dst dst. Kalau bisa saya tanggapi, pasti langsung saya tanggapi. God bless